HOTBAR Trimester Ketiga

Wah apaan tuh HotBar? pasti aneh ya dengan namanya? Sebenernya sih itu nama grup WA kita, sejujurnya ya aku juga ga begitu paham kenapa namanya itu, aku mah cuman follower hihihi.
Berawal dari ngumpul di hari raya 2016 kemaren karena pada cuti dan akhirnya kita ngumpul, eh gataunya ketagihan kumpul bareng udah kaya arisan tiga bulanan gitu ya lebih sih tergantung cuti anggota juga hahaha.
Dari yang awalnya cuma nongki doang, sampe akhirnya kita jalan-jalan bareng ke Banyuwangi!!
Yaps! Kita mau snorkeling ke Pulau Menjangan hihihi. Ya aku emang gabisa renang tapi seneng banget kalo diajak snorkeling :3
Akhirnya aku nyari tuh travel yang harganya pas dikantong tapi dapet sesuai yang kita inginkan :D maklum pengangguran saya mah :(
Setelah nyari di instagram dan tanya itin beserta harganya kita nemuin yang cocok, aku lupa namanya juga. pokoknya dengan harga yang di harapkan udah dapet Baluran + Pulau Menjangan.

Kita kumpul di rumah mbak Uyun dulu sambil nunggu jam penjemputan, kita baru dijemput di Meeting Point jam 23.00 dan Meponya tinggal jalan dari rumah mbak Uyun.
Kita berangkat jam sebelas lebih sih dijemput sama mobil avanza. Mas masnya yang jemput asik kok untung bukan bapak-bapak jadi nyambung gituuu sama kalo nge-play lagu yang lagi hits menuju ke galau sih hahaaha jadilah karaokean bareng kita, tapi aku tidur... hahaa yaa aku gampang banget tidur kalo lagi di kendaraan.

Malem gak tau jam berapa kita berhenti di rest area buat ngopi-ngopi dulu, baru dilanjut lagi dan lagi-lagi aku tertidur selama perjalanan dan tau-tau udah pagi aja dan udah sampe di Taman Nasional Baluran sekitar jam setengah 5 pagi, berhenti dulu sholat baru lanjut lagi menuju ke area savana bekol! wuhuuuuu jalannya yaa kerasa banget, harus hati-hati dan mencari jalan yang tidak tergenang air biar bannya tidak tergelincir :3

Dan taraaaa kita berhenti di savana bekolnya yang ada tulisannya tuh, ga nemu hewan-hewan yang kaya banteng gitu :( cuma ada rusa itupun cuma satu hiks sedih, emang sih kita ga masuk-masuk banget karena takuk kesiangan buat snorkelingnya, itu masih dibawah jam 10 pagi tetapi panasnya subhanallah sekali, cukup menyengat :').

Setelah puas berfoto-foto dan lain-lain akhirnya kita langsung cabut dari sana, dan yaaa melewati jalan yang seperti itu, kata mas guidenya sih dibiarin gitu jalannya biar kerasa alami dan terjaga kelestarian Taman Nasional Balurannya. Kita gak lupa dong buat selfie sama guide + sopir kece yang playlistnya rata-rata galau :v eh maap mas buka kartu hehehhe.

Dan akhirnya Sampai di Watu Dodol, jadi nanti naik kapalnya lewat watu dodol situ, udah bagus ya sekarang disitu bener-bener pemerintah tuh lagi gencarnya merenovasi tempat yang sangat berpotensi sebagai tempat wisata. Seingetku dulu ya waktu aku masih SD, watu dodol tuh cuma pantai yang pasirnya hitam, dan bagiku tidak menarik gitu lo karena ya 'mek gitu tok' and then after 10 years perbedaannya totalitas sih, keren!. Sebelum kita snorkeling kita sarapan dulu, laper pol soalnya sejak di Baluran tadi hahaha.

Selesai makan ganti baju and everyone is ready mas guide-nya ganti dia ngejelasin tentang apa ya lupa aku, kayanya sih safety waktu snorkeling gitu. Kita naik kapal perjalanan berapa menit ya dari watu dodol ke menjangannya, aku ga hitung sih, cuma pemandangannya MasyaaAllah.... dari situ kita bisa liat pulau Bali dan Pelabuah Ketapang yang rame kapal-kapal gede dan kita berasa kecil :3

Waktu di tengah perjalanan tuh kita disambut sama Lumba-Lumba! woh ini pertama kalinya aku lihat lumba-lumba langsung di lautnyaa~ aku gaada fotonya sih keasikan ngevideo :') huhuhu. Abis itu kita langsung dianter ke spot snorkeling yang pertama lupa spot apa ya namanya hehehe :v Langsung dah kita semua bersemangat untuk snorkeling.

Nah di spot snorkeling yang pertama ini nih airnya agak keruh dan BANYAK sampah plastik. SUEDIH POL :( sebagus ini kok ya masih ada sampahnya :( aku kan tanya ya kok banyak sampah sih mas, kata guidenya itu dari sebrang abis ujan deres terus airnya kan larinya ke pantai jadi gitu deh huhuhu sedih. Sebagai penikmat alam aku tuh sedih ya kalo masih banyak sampah entah sampah dari pengunjung atau sampah kiriman dari pulau sebrang. Yuk kita sebagai wisatawan yang pintar buat sama-sama ngejaga tempat wisata dengan tidak meninggalkan jejak sampah di tempat yang kita kunjungi.

Abis itu langsung ke pulau menjangannya, waktunya makan, kita udah laper banget abis snorkeling. Udah dong ya makannya kita ya tidak menyia-nyiakan kesempatan menyusuri pulaunya, pasirnya putih bagus tapi pinggirnya tuh kotor, banyak karang-karang sama sampah laut gitu tapi ya ada beberapa sampah plastiknya tapi so far lumayan kok.

Kita balik lagi ke kapal, terus di tawarin mau snorkeling lagi apa enggak, kita ya mau lah ya ketagihan bawah lautnya yang serius keren. Nah di spot snorkeling kedua nih terjadi tragedi kebawa arus hahaha. Jadi dari kita yang snorkeling berlima minus mbak ratna yang bisa renang tuh cuma yang cowo hahaha. Waktu itu aku snorkeling sama mas nanda ya, mas erik muter-muter sendiri, nah si cewe-cewe nih mbak uyun sama mbak cecil ini sendiri juga. Ya aku bisalah dikit renang tapi dikit banget haha tapi gupuhan :( Sangking asiknya itu kita ga sadar udah berenang jauh dari kapal, aku sama mas nanda sadar kok udah gaada terumbu karang tinggal kaya tumbuhan laut akhirnya kita mulai jalan ke kapal perasaanku udah gaenak juga ditambah aku ngeliat bentuk e kaya cacing raksasa di spongebob, aku takut kaya gerak-gerak gitu akhirnya aku gupuh wes. Eh ternyata mbak uyun sama mbak cecil ini juga kebawa arus mereka gupuh bingung balik e. Akhirnya mas nanda nolongin kan ya aku ditinggal dewe dan oke aku berusaha renang sekuat tenaga. sampeee akhirnya aku capekk banget dan ga kuat renang, mas nanda kasian banget nolongin 3 cewe yang ndak iso renang haha. Mas erik posisi udah di kapal akhirnya dia nyusulin ya tapi ya gitu haha aduh kalo inget ini ya ketawa sendiri, gak sempet foto wes pokoknya tapi ada videonya yang gak jelas haha tapi akhirnya kita selamat kok sampe kapal! tapi capek pol serius, aku sampe senden di mas itu langsung ketiduran :') haha bangun-bangun itu udah sampe di Pulau Tabuhan tapiii........... tidak seperti yang di instagram ya, kirain yang putih bersih gitu ternyata tidak semulus itu guys. tapi bagus kok hihihi. kalo diajak liburan kesini lagi aku sih ga nolak! hihi

Sekian deh semoga bermanfaat yaa! maafin kalo kepanjangan gara-gara tragedi kebawa arus hihihi ^^