Thursday, January 31, 2019

Bukan Tips LDR


Apa yang kalian pikirkan kalo kalian denger LDR?
Hubungan jarak jauh? iyalaaah pasti xD
Buang-buang waktu!? iiiihhhh sok tau! xD 

Percaya ga sih kalo omongan kita dalam hati alias "mbatin" itu terkadang bisa di kabulkan sama Allah. Kalo aku sih percaya ga percaya ya, tetapi kok ya kejadian. Jadi, semua berawal dari ketika aku SMA kelas 3, akutu lagi dekat dengan seseorang tapi kita ga jadian, kalo udh kelas 3 kan otomatis ya kita udah merencakan mau kuliah dimana, nah waktu itu aku sangat semangat untuk kuliah di luar kota, karena aku ngerasa "masa rumahku di malang, tapi aku tetep harus ngekos sih, sekalian aja deh nanti kuliah di luar kota kan sama-sama ngekosnya". Terus kalo udah kepikiran mau kuliah di luar kota kan beresiko harus jauhan sama si dia dong ya, terus aku mbatin "gapapa deh aku kepingin ngerasain LDR, kayanya seru" nah waktu itu aku terinspirasi dari temenku kak Mira yang rumahnya di Bali dan dulu cowonya anak Malang gitu dan mereka bisa. Nah aku semangat banget dong. Eeeee tapi belum lulus ternyata udah ga sapa-sapaan hahaha. Dan aku ga dikasi boleh kuliah di luar kota, yawis.......

Akhirnya, di tahun 2015 omongan dalam hatiku soal kepingin LDR itu kok di kabulkan! Padahal itu lagi dalam posisi sedang tidak ingin LDR huhuhu. Ya sebenernya ketika mas mulai mendaftar kerja itu dia udah cerita-cerita daftar dimana aja gitu. Terus doi juga menceritakan soal rencananya dia ambil kuliah lagi di Surabaya. Okelah deket gapapaa gituuuu batinku. Tapi ketika yang kepanggil sampe tahap interview itu perusahaan jauh-jauh kaya a ha em, pa-ma, ge em ef yang deket kok malah endak, haduuuu itu mulai ketir-ketir dan mas mulai agak sering bahas gitu. Tapi ahaem aku ga terlalu kita bahas, karena mas sudah bilang kalo mas malah di tawarin diposisi yang mas ngerasa gabisa. Oke otomatis udah hilang dari topik sehari-sehari kita. Kedua itu yang lolosnya lancar sampe interview itu di pa-ma dan itu gak asing buat aku karena kakak temenku juga disitu, otomatis aku udah tau itu penempatannya dimana, kondisi di tengah-tengah hutan, akutu bener-bener ga kebayang kalo mas di pa-ma ini aku langsung bilang aja gamau, tapi mas masih berusaha meyakinkan. Terus sembari nunggu pengumuman dari pa-ma tuh tes di ge-em-ep ini lancar benerrrrrrrr, ya aku udah tau ge-em-ep ini perusahaan apa, tempatnya dimana karena tetangga aku disana juga dan abis ini bakal tetanggaan lagi hahahaha. Eh oke fokus, dari situ udah dong ketauan aku berharapnya dimana hehehe. Yap, bener ge-em-ep akhirnya yang keterima lancar jaya ya disini yang di pa-ma malah g lolos dengan cerita yang sangat awkward menurutku. Tapi yaa.... Allah selalu punya rencana yang indah kan ya, saat itu bersyukur banget masih satu pulau sama mas.

Ya sediiih waktu tau mau jauh, bener-bener yang kita harus menikmati waktu sebelum dia berangkat merantau, karena nanti ga bakal bisa gini lagi. Yawis kebetulan itu posisi mas lagi ngerjain TA, kalo kuliahku udah pulang, udah selesai gitu dia jemput aku, kita ngerjain TA dia, dimana-mana wes kita ngerjain e di perpus kota juga pernah terus di cafe yang murah pokoknya yang penting ada wifi paling sering di Lenong Rumpi masih inget aku, karena hargane murah dan ada wifi, kalo pengen enak dikit ngerjain e di May's Dinoyo atau kalo pengen ada hiburannya di Comic Cafe jadi kalo sumpek di sambi baca komik, kalo lagi ga butuh wifi ngerjain di depan kosan, doi dengan laptopnya aku juga dengan laptopku. Lek laper tinggal beli di ibu-ibu depan kos. Kalo lagi bosen sama makanan disekitar kosan, mas tak ajak kerumah biar bisa makan makanan rumahan, dan ibuku kenapa sesemangat itu waktu ada temen main gitu, dimasakin banyak, kalo aku yang pulang sendiri aja kadang-kadang ga di masakin sebel haha. Sesederhana itu udah bikin bahagia banget yang ternyata bener-bener ngangenin ketika Doi udah ga di Malang lagi.

Awal-awal ya baper, super duper cranky, tiap telpon pgn nangis ternyata LDR tuh ga seenak yang aku bayangin, disitu aku mulai sebel sama diriku sendiri "kenapa aku dulu pengen LDR sih!" wkwk nah giliran di kabulin malah sering nangis haha. Ya aku akui akutu drama banget awal-awal jauh, adaptasinya itu lo... yang udah biasa bareng dan selalu ada, biasanya kalo lagi males makan tuh ada yang bawain makan ke kosan terus gaada lagi kan. Ya dengan mengingat ingat hal itu yang bikin makin ngerasa ga kuat LDR. Di tambah mas yang sedang asik dengan dunia barunya, terus juga sibuk sama pendidikannya. Memang kalo kita belum terbiasa rasanya susaaaah banget ya, utungnya itu mas selalu bisa ngimbangin ketika aku udah mulai rewel, atau ketika aku mau nyerah mas itu tetep nyemangatin kalo kita itu bisa berhasil. Alhamdulillah banget.

Komunikasinya gimana? Aku komunikasi sm doi itu lancar sih, awal-awal cuma butuh penyesuaian aja, dengan kesibukan-kesibukan dia yang lain selain itu ya karena emang aku sm mas percaya komunikasi itu penting walau cuma sekedar tanya "gimana hari ini?". Ga perna ada cerita yang aku ga chat atau telpon sama doi sampe berhari-hari bahkan sampe semingguan gitu. Karena katanya mas ga nyaman malah kalo sampe kaya gitu, selama masih ada waktu kenapa ga nyempetin ngehubungi. Kalaupun ada masalah harus di selesaikan hari itu juga biar ga saling 'kaku' gitu dan biar ga jadi bom waktu juga. 
Curiga waktu LDR sering ga sih? ya sering hahaha apalagi mas itu orange buaaaiiik ke temen-temene, sampek ada temen e yang baper, adaaaaaaa. HAHAHA. Sampe tiap ketemu itu tengkar sama mas gegara si temen baper yang kenapa ketika aku pengen Qtime eh malah muncul ini orang, kzl wkwk. Ini udah berlalu terus muncul lainnya. Curiganya itu ya di karenakan awalnya juga mas ga jujur dan aku ngerasa "kenapa sih ini" lalu kepo, selalu nemu tapi ya belum tau penjelasannya cuma nebak-nebak buat kesimpulan sendiri. Suka sebel kalo ternyata dapet jawabannya itu dari orang lain. Ya sekarang sek sering curiga wkwkwk cuma sekarang itu aku lebih berani buat tanya kebenarannya kan kalo dulu kepo sendiri, menerka-menerka sendiri. Kalo sekarang udah tau jawabannya ya lega.
Sering berantem atau enggak? Duh ini mah udah kaya minum obat kayanya, sehari bisa 3 kali ada tapi lebih karena salah paham sih wkwk. Awal-awal tuh kita masih sama-sama egois, meskipun mas selalu bisa mengimbangi aku yang lagi ada masalah tapi ya dia seenaknya gitu aja terkadang, selalu menganggap sepele padahal tau sendiri kadang-kadang cewe nganggepnya ga sesimple itu. Sampe akhirnya di tahun ke-2 LDR kita bener-bener mau nyelesaiin masalah, gamau ngempet-ngempet lagi, intropeksi diri, kita kudu gimana nanti, bener-bener kita omongin, kalo kenapa-kenapa gausa ngode, harus bilang, harus jujur kalo kenapa-kenapa, kalo ga suka ya harus bilang gitu. Tapi ya terkadang manusia suka gengsi gitu kan ya, ya meskipun kita udah omongin soal itu kita ya sek sering aja salah paham karena malu mau ngomong kalo "gasuka" sama sesuatu gitu. Sampe sekarang pun ya masih ada berantem-berantemnya cuma kadang ya malu kalo abis adu argumen gitu hehe.

Kalo ketemuan gimana? Aku bersyukur banget masih satu pulau sama mas, karena ya banyak moda transportasi yang bisa dipakai untuk menuju kesana. Awal LDR itu kita bisa ketemu sering karena ya Doi pulang karena wisuda, karena aku mau main ke Bandung sekalian aja mampir JKT gituuu wkwk mo-dhussh xD. Kaya 3 bulan sekali dulu awal-awal bisa ketemu. Setelah selesai pendidikan dan mas mulai dinas itu mulai susah buat ketemu, tapi mas selalu nyempetin sih. Tapi akhir-akhir ini malah bisa sampe 6 bulan sekali baru ketemu, karena doi lagi fokus kuliah. Meskipun udah lama ga ketemu  dan udah mulai kebiasa, ketika ketemu terus ditinggal Doi lagi yang harus balik tuh tetap aja berat rasanya.

LDR tuh berat di ongkos!? ya mau gimana :(( kalo kita ga beli paketan atau pulsa ya gabisa berkomunikasi atuh, masa harus ngandelin wifi gratis sih, kalo gaada wifi gimana? komunikasi bagi kita penting soalnya :( Tapi kalo kalian udah 100% percaya sama pasangan kalian ya gapapa :3 semua punya caranya masing-masing, gabisa di samain juga. Terus kalo mau ketemu ya harus nabung, nabung lama berbulan-bulan, tapi habis dalam waktu 3-5hari aja! ya resiko orang LDR emang, butuh biaya ekstra. Tapi kalo udah ketemu rasanya tuh bahaaagiiiaaaa bgt, lega gitu haha. Tapi selama ini aku yang selalu ngerepotin mas kalo kita lagi ketemu hehehe. Sungkan! Gaenak! iyalaaaahhh akupun merasa seperti itu. Tapi mas selalu bilang "Ah gapapaa, ga sering juga" "Gapapa, belajar, nanti juga pasti gini" huhuuhu aku merasa sebagai wanita paling beruntung wkwk.

Dan sekarang udah masuk tahun keempat kita LDR gak kerasa ya, banyak suka tp juga banyak dukanya. Bener-bener proses pendewasaan diri sih kalo buat aku, kalo mungkin aku dulu ga LDR, mungkin aku yang sekarang ga bakal ada wkwk. Dan mungkin aku jadi gatau rasanya naik krl itu gimana, desek-desekan ketika rush hour itu gimana hihihi. Bersyukur banget, LDR ini juga ga sekedar "jalani dulu" tapi selalu punya rencana ke depannya. Aku tau perjalanan kita masih panjang, dan Allah tuh Maha Pembolak balik Hati. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa semoga selalu dilancarkan menuju rencana-rencana selanjutnya. Semoga segera gak LDR lagi yak! mohon doanya gaes! :3

Jadi sebenernya kunci LDR apa?
Komitmen. Tau harus dibawa kemana ini hubungannya, jangan ngambang sih menurut aku.
Komunikasi kalo buat aku. Karena aku percaya semua bisa terjalin dengan baik kalo komunikasi kita dengan pasangan itu lancar.
Ga bole gengsi. Kadang kan ada tuh ya yang gengsi, mintanya dihubungin sm yang cowo dulu, udah gausa gengsi, gapapaa kalo bisa duluan kenapa harus nunggu eaaa.
Jangan dengerin kata orang wkwkwk. Cuek aja, masio dikata LDR tuh buang-buang waktu, karena gak semua orang beruntung buat bisa menikmati LDR heheeheheheh.
Tambahan dari mas sih
- percaya, oh iya ini penting, secara jauhan kita gatau doi ngapain dengan siapa tiap harinya, tapi kita secara gak sadar ya percaya-percaya aja gitu ya? eh kalian sadar ga sih? wkwkkwk.
- pengertian, menurutku iya juga sih harus saling ngerti kondisi masing-masing. Berusaha menempatkan diri diposisi pasangan kita.
- jaga hati, nah ini iyasih bener banget....... wkwkwk


Tulisanku gak jelas yaaaa? aku ya baca lagi kok semakin ga nyambung dan berantakan banget masihan. Intinya akutu pengen berbagi aja, kalo LDR itu ga serem-serem banget dan ini pure ya OPINI aku aja dan beberapa pengalaman aku. Tapi LDR worth it buat dijalanin kok asalll kalian sudah tau kedepannya mau ngapain. Semoga lancar dan selalu dikuatkan ya kalian para LDR atau LDM fighter! Salut banget aku sama kalian :3


Makasih banget ya udah mau baca tulisanku yang 'agak' ga jelas ini.
Kalian kalo ada yang ga setuju sm opiniku atau pengalaman lain boleh komen dong, kita sharing-sharing huehehe

No comments:

Post a Comment

Pleasure