Cerita Tentang Pie Susu

11:21 PM
Halo Assalammu'alaikum..

Entah kenapa sekarang aku jadi doyan banget sama yang namanya pie susu. Padahal dulu waktu masih sma itu ga doyan makan ini karena belum pernah nyoba dan ngerasain tapi sodaraku suka banget sama pie susu ini. Jadi gini pas aku ke bali dulu itu dia nitip, tp sayang aku kan kudet belum pernah makan pie susu malah di titipin pie susu, ya akhirnya aku ga beliin itu titipan orang ngeliat bentuknya aja aku ngga pernah gimana mau beliin itu titipan :v hhuehuhehe.

Nah pas masuk kuliah nih kebetulan temen aku ada yang aseli bali, pas liburan itu iseng aja godain dia "eh bli balik ke malang oleh2 pie susu ya" dia mah ketawa aja sambil senyum gitu -_- eh ternyata pas balik di bawain beneran banyak pula terus di bagiin ke anak2 aku dapet 5 biji pie sendiri, padahal yang lain cuman dapet sebiji :3 dari situlah aku tau bentuknya dan ngerasain enaknya pie susu sampe sekarang ketagihan deh :v


Sampe pernah sampe googling nyari pie susu yang enak dan harganya 'harga mahasiswa' dan akhirnya aku nemuin olshop di instagram tapi lokasi dia di denpasar wih kalo aku beli dikit mah mahal di ongkir -_- akhirnya iseng-iseng aku ngajakin anak-anak di kelas join buat beli pie susu dan ternyata pada banyak yang mau sampe total semuanya itu 50biji kalo dikirim lewat JNE itu masuk 2 kilo :3 gilak deh pokoknya dan itu dikirim ke kosan aku. Pas nyampe kirimannya sekardus teh gelas -_- gimana coba aku bawa ke kampusnya? untung akhirnya ada solusi dan pas di bawa pienya ga hancur :3 puas banget, pie susunya enak kerasa susunya mereknya "dhian".

Dan akhirnya aku beneran pengen pie susu tapi males beli di olshop dan males beli di toko karena harga sebijinya itu kalo di olshop udah dapet 2biji ya gimana ya uang mahasiswa, masa ya kudu minta uang terus ke ortu? gaenak sendiri minta terus ga pernah ngasih :'). Kepikiran deh buat pie susu sendiri, dengan uang sisa minggu kemarin. Iseng nyari resep di internet akhirnya nemu macem-macem dan setiap resep it beda-beda, bikin bingung. Akhirnya aku campur-campur resepnya dan Pie Susu ala Zulfatul Afifah :))))) sempet takut gagal tapi alhamdulillah meskipun tampilannya freak tp rasanyaaaaa! enak banget :3 sodaraku yang jago bikin kue aja sampe muji dan ketagihan! *berbunga-bunga* Alhamdulillah tp aku kurang puas dan ingin bereksperimen lagi :p

Resep Pie Susu ala Zulfa :))



Bahan Kulit :
150gr Mentega
2 butir Telur
225gr Tepung Terigu
2 sdm Gula Halus
3 sdm Tepung Maizena
1 sdm Susu Bubuk
1/4 sdt Garam

Bahan Isi :
1 butir Telur
+/- 400ml Susu Kental Manis
1  sdt Tepung Maizena
300ml Susu Cair
1 sdt Vanili Bubuk
1/4 sdt Garam

Cara membuat isian :

  1. Rebus tepung maizena yang sudah dicampurkan susu cair dan gula pasir. Aduk hingga susu, gula, larut dan mendidih.
  2. Masukkan telur dan kemudian aduk cepat hingga bercampur rata, kemudian matikan api.
  3. Angkat rebusan, tambahkan garam, susu kental manis dan vanili bubuk. Kemudian tunggu dingin.

Cara membuat pie susu

  1. Campurkan semua bahan kulit pie dan aduk hingga rata.
  2. Tuang adonan di atas cetakan pie datar dengan diameter sekitar 8 cm. Sebelum dituang adonan, oleskan cetakan dengan margarin (tipis saja).
  3. Ratakan adonan dan bentuk bagian pinggirnya (bisa dengan ujung garpu).
  4. Tusuk-tusuk bagian bawah adonan dengan garpu agar matangnya merata.
  5. Tuangkan isian di atas adonan kulit dan panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius sekitar 1 jam. Selesai.

2 comments:

  1. Enak sepertinya, ingin coba tapi masaknya lagi-lagi pakai oven ya? Sayang alatnya di kost tak ada. Makasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah rasanya enak bro, iya nih kudu pake oven jadi kalo buat di kosan gaada alatnya emang -_- pinjem ibu kos bro :v
      hihi iya terimakasih sudah membaca :)

      Delete

Pleasure

Powered by Blogger.